sound track of JMB

Senin, 31 Agustus 2009

masalah utama dunia ( termasuk indonesia!!!)


* kemiskinan
kemiskinan sudah menjadi akar permasalahan yang ada di suatu negara. salah satunya adalah kelaparan. menurut PBB, sekitar 25 ribu orang meninggal setiap hari karena kelaparan. ini berarti 1 orang dalam 3.5 detik. tragisnya korban tersebut lebih banyak anak-anak. kemiskinan juga bisa memaksa seseorang terlibat pelanggaran hukum. banyak yang akhirnya menjadi PSK, dan tidak sedikit yang terjebak human trafficking. tidak heran kalau kemiskinan juga menyebabkan masalah kesehatan. AIDS, malaria, pneumonia, kolera dan penyakit lain akibat kekurangan nutrisi juga mengancam mereka.
penyebab kemiskinan yang kompleks :
1. faktor alam : yang termasuk ke dalamnya adalah iklim, faktor geografis seperti akses mendapatkan air bersih, atupun kesulitan untuk memanfaatkan sumber daya alam.
2. faktor ekonomi : sistem pembayaran dengan uang sebagai alat tukar, membuat warga yang tidak punya uang tidak bisa membeli kebutuhannya. tidak cukupnya lapangan pekerjaan juga membuat masyarakat tidak mendapatkan penghasilan unuk memenuhi kebutuhan hidup.
3. faktor kesehatan : kurangnya perhatian pada masalah kesehatan, tidak terpenuhinya nutrisi pada anak mempengaruhi fisik dan mental dan akhirnya membawa pada permasalahan ekonomi. penyakit, terutama penyakit yang disebabkan kemiskinan.
4. faktor pemerintahan : tidak adanya hukum dan sistem pemerintahan yang jelas, tidak berjalannya demokrasi, minimnya infrastruktur serta pemerintahan yang korupsi membuat suatu negara terancam kemiskinan.
5. faktor demografis dan sosial : overpopulasi dan kurangnya aksese mengenai metode untuk mengendalikan kehamilan, sedangkan di sisi lain, lapangan kerja yang tersedia sangat sempit. pengangguran meningkat dan mereka pun semakin miskin dan lapar. kejahatan, baik itu collar-white crime (kejahatan yang dilakukan kalangan elit) maupun blue-collar crime (kejahatan yang lebih menggunakan kekuatan fisik, seperti merampok, membunuh, dll) juga bertambah.

* perang dunia
biasanya, yang jadi motif negara saling menyerang adalah karena adanya perbedaan ideologi, keinginan untuk memperluas wilayah kekuasaan, perbedaan kepentingan dan perampasan sumber daya alam. beberapa perang terbesar dalam sejarah yaitu perang dunia I tahun 1914 - 1918 yang memakan korban 40 juta jiwa dan perang dunia II tahun 1939 - 1945 yang memakan 70 juta jiwa. bukan cuma para tentara yang mengalami trauma dan depresi, rakyatlah yang paling merasakan kerugian. mulai dari kehilangan anggota keluarga, harta benda. sampai menanggung beban psikologis. anak-anak korban perang tidak bisa sekolah dan kehilangan masa depan karena hidup yang tidak layak.

* global warming
pemanasan global jadi perhatian para petinggi negara di seluruh dunia, saat ini. efek rumah kaca yang semakin tidak terkendali menyebabkan lapisan ozon bolong dan semakin parah tiap harinya. efek rumah kaca juga menyebabkan energi matahari dalam bentuk radiasi infra merah tidak bisa memantul keluar atmosfer, karena terhalang awan, gan C02 dan gas lainnya, ini menyebabkan suhu bumi semakin meningkat (baca : panas). dampaknya, es di kutub mencair, air laut semakin naik, iklim menjadi kacau dan cuaca saat ini tidak bisa ditebak. yang lebih ngeri, kalau emisi co2 terus meningkat, suhu bumi bisa meningkat 1.1 - 6.4 derajat celcius yang akan merusak keseimbangan ekosistem bumi ( coba nonton the day after tomorrow!!!). sikap manusia yang egois juga berperan memperparah global warming. hutan yang jadi paru-paru dunia malah ditebangi, polusi makin banyak karena bertambahnya jumlah kendaraan bermotor. apalagi, kita banyak memakai barang-barang dari plastik dan sering buang sampah sembarangan. kurangi pemakaian plastik dengan menggunakan kantong dari kain atau kertas yang di daur ulang. gunakan sepeda sebagai alat transportasi ramah lingkungan atau mulai beralih ke angkutan umum. jika jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh, lebih baik berjalan kaki!!!

* rasisme
rasisme adalah suatu sistem kepercayaan atau doktrin yang menyatakan bahwa perbedaan biologis yang melekat pada ras manusia menentukan pencapaian budaya atau individu tersebut. bahwa suatu ras tertentu lebih superior dari yg lainnya. contohnya dalah gerakan apartheid, sistem pemisahan ras yang diterapkan pemerintah kulit putih di afrika selatan dari awal abad ke 20 sampai tahun 1990-an. dalam rentang waktu itu, sebagian warga non-kulit putih kehilangan hak asasi mereka. rasisme tidak hanya menyebabkan diskriminasi sosial, tapi juga berpotensi menimbulkan genosida atau pembantaian besar-besaran seperti yang dilakukan nazi jerman terhadap kaum yahudi selama perang dunia II yang terkenal sebagai genosida terbesar abad 20. pernah nonton hotel rwanda???di film ini kita juga bisa melihat genosida yang dilakukan suku mayoritas di rwanda. sedihnya, rasisme tidak hanya tentang ciri-ciri fisik tapi meluas jadi diskriminasi agama. contohnya setelah tragedi WTC 11 september 2001, warga muslim di amerika selalu dicurigai dan dianggap teroris. di indonesia, rasisme pernah terjadi antara warga pribumu dan non pribumi (tionghoa).

* kesehatan
flu burung (avian influenza) yang disebabkan virus H5N1 jadi penyakit yang cukup diwaspadai dunia sejak tahun 2003. tahun 1918 muncul spanish flu di spanyol yang disebabkan oleh virus H1N1 (sekarang dikenal dengan Flu babi yang pertama kali muncul di mexico). selain flu spanyol, muncul asian flu yang disebabkan virus sub tipe H2N2, mengakibatkan 70 ribu kematian di amerika serikat. flu asia ditemukan pertama kali di Cina, februari tahun 1957, lalu bergerak ke amerika serikat Juni 1957. tahun 1968-1969, ada flu hongkong yang disebabkan virus H3N2, menyebabkan kematian 34 ribu orang di amerika serikat. bahkan sampai sekarang, kabarnya virus ini masih ditemukan. HIV/AIDS juga jadi penyakit yang melanda seluruh dunia dan tidak pandang bulu. sudah lebih dari 42 juta jiwa yang menderita HIV/AIDS dan sekitar 20 juta orang meninggal. penyakit lain yang berbahaya adalah tuberculosis (TBC) yang disebabkan nakteri jenis mycobacterium tuberculosis hominis, pertama kali ditemukan tahun 1882 oleh seorang ahli bakteri jerman, Robert koch. TBC dapat menjalar ke semua alat tubuh (paru-paru, susunan saraf pusat, ginjal, tulang, sendi dsb). inilah saatnya manusia introspeksi dan memperbaiki gaya hidup.

5 komentar:

radint mengatakan...

Kemiskinan memang hal yang menjadi dasah msalah dalam dunia...untuk itu perlu para ahli antropologi menaruh perhatian dalam masalah tersebut..

Salam kerabat antropologi ( Medan)

Anonim mengatakan...

bos..kalau menurut anda masalah dunia adalah itu..dangkal sekali pemikiran anda..

Jl. Malam No.1 mengatakan...

@gegenism:
keep your fuck'n deep thought

me.. as Mel mengatakan...

@gegenism : just share..and we need a resolutions, not a shallow comment!!!thanks..

Mesin CNC mengatakan...

MORAL DAN KEMAMPUAN UNTUK BERKESADARAN itu lebih urgent hehehe