sound track of JMB

Senin, 03 November 2008

membaca + mendengarkan musik!!!


Membaca sebenarnya adalah kegiatan yang sangat menyenangkan (tentu saja buat yang suka baca!!!). Namun pada umumnya, orang itu biasanya disuruh baca buku pelajaran (yang buat kebanyakan orang membosankan). makanya kebiasaan membaca sebenernya belum membudaya. sama seperti menyikat gigi sebelum tidur atau sehabis makan (kaya iklan hehe..), membaca juga sebenernya harus dibiasakan dari usia dini. sesuatu yang sudah biasa dilakukan kan kalau ditinggalkan sekali aja, nantinya malah bikin ga enak, bener ga???:) Padahal.. sekarang itu, alternatif bacaan sudah sangat bervariasi, bisa disesuaikan umur, selera, bahkan buku pelajaran aja sudah lebih menyenangkan untuk dibaca (klo buat anak kecil!!!buat anak gede???mehhhh..), tapi tetep..perlu waktu dan usaha untuk melestarikan budaya baca.
Beda lagi kalau soal musik, hampir semua orang suka mendengarkan musik, dengan berbagai genre dan selera.

Tapi.. selain kegiatan yang menyenangkan dan nambah pengetahuan, membaca dan mendengarkan musik secara bersamaan itu juga dapat mengurangi resiko pikun atau Alzaimer . Sewaktu kita membaca dan mendengarkan musik,otak kita dirangsang untuk bekerja sehingga ada neuron (atau sel syaraf) yang aktif untuk mengantarkan impuls dari dan menuju otak. dan, ketika kita tidak membaca atau bahkan tidak sedang mendengarkan musik, maka neuron ini tidak aktif sehingga kalau terlalu lama dibiarkan akan mati satu per satu. Bagi kita yang sering browsing, secara tidak sadar kita juga telah melakukan kegiatan membaca.

Jadi.. bersyukurlah buat kawan-kawan yang suka membaca dan mendengarkan musik, karena melakukan kedua kegiatan ini ternyata banyak manfaatnya!!!


Selamat Membaca.. :)

Tidak ada komentar: