sound track of JMB

Minggu, 14 Desember 2008

Jalan Malam Bandung


KOMUNITAS JALAN MALAM BANDUNG
( BANDUNG NIGHT WALKER COMMUNITY )

Komunitas Jalan Malam Bandung adalah sebuah kegiatan kepemudaan yang digagas sebagai counter dari maraknya organisasi kepemudaan yang justru menjadi kontra produktif bagi image pemuda Indonesia. Organisasi ini adalah sebuah bentuk perlawanan budaya terhadap buruknya citra pemuda Indonesia di kebanyakan kalangan. Komunitas Jalan Malam adalah sebuah wadah berkreativitas bagi para pemuda yang mempunyai ide – ide Revolusioner multi bidang. Siapa saja dapat bergabung untuk membicarakan berbagai macam aspek yang menyangkut bangsa Indonesia. Di komunitas ini kita dapat dengan bebas membicarakan banyak hal seperti kesenian, kebudayaan, politik, ekonomi, pendidikan sampai hal yang mungkin bagi kebanyakan pemuda di Indonesia adalah hal yang tabu untuk dibicarakan, Revolusi!
Komunitas Jalan Malam bukanlah sekedar ruang untuk melepaskan kesenangan atau ruang untuk menjadi hedonis walau kegiatannya terkesan menjadi sangat hedonistik. Ia akan menjadi ruang berbagi lintas disiplin ilmu. Siapapun dapat bergabung dengan komunitas ini. Lebih jauh lagi Komunitas Jalan Malam akan mengadakan agenda rutin setiap bulan dengan program yang kita sebut sebagai Napak Tilas Bandung. Kegiatannya sebenarnya sangat sederhana, kita akan berjalan dengan rute tertentu dan tema tertentu yang akhirnya akan dibahas lewat diskusi dengan multi disiplin ilmu dan tentu saja sudut pandang yang berbeda terhadap kasus yang akan dibahas. Komunitas ini sangat terbuka terhadap perbedaan sudut pandang dang tidak akan melakukan penyeragaman terhadap cara berfikir anggotanya.
Target kedepannya bukan hanya diskusi saja, akan tetapi bagaimana diskusi yang rutin dilakukan itu dapat diaplikasikan dengan sikap dan tindakan yang nyata dan tentu saja akan dilakukan lewat agenda komunitas. Inilah yang akan kita lakukan lewat komunitas ini. Kenapa harus jalan malam? Bukan Jalan Siang? Malam selalu menawarkan kontemplasi dan ketenangan, siang hari di Bandung akan menyajikan kemacetan dan keriuhan sehingga tidak akan tercapai ruang kontemplasi dan fikiran yang tenang untuk menghasilkan gagasan – gagasan baru terhadap perkembangan gerakan kepemudaan di Indonesia.
Komunitas Jalan Malam akan terus berusaha untuk menjadi komunitas non – profit yang menjaga sikap dari keberfihakan sikap politik tertentu, oleh karena itulah ia akan terus berjalan dengan anggota yang mungkin saja akan berubah – ubah setiap jadwal perbulannya. Jadi apa yang anda tunggu? Jika anda memiliki cara berfikir yang cukup revolusioner dan kreatif, pakailah jaket anda dan bergabunglah dengan Komunitas Jalan Malam Bandung!


Dian Ardiansyah ( Ucok ), Mahasiswa STSI Bandung Jurusan Teater
kocU_art@yahoo.com
papua_in_me@friendster.com





BANDUNG NIGHT WALKER COMMUNITY

Bandung Night Walker Community is a young people event created as a counter of many young people organization which make a contra productive for young people organization in Indonesia. This organization is a form of cultural rebellion of organization’s bad image in many people’s opinion. Bandung Night Walker Community is a creativity place for every young people who have revolutioner idea in every sector. Everybody can join us to talk about every aspect in Indonesian problems. In this community we can talk freely about many problems like art, culture, politics, economy, education, until the problem which is in many young people probably forbidden to talk about, Revolution!
Bandung Night Walker Community is not a room for only fun or a room to become a hedonist although the event imaging it like an hedonistic organization. It will be a room for sharing every discipline of knowledge. Everybody can join this community. Further, Bandung Night Walker Community will hold a monthly event with a programme that we called as Napak Tilas Bandung. The event actually is very simple, we will walk in a specific route and specific theme that finally will be discussed in every discipline of knowledge and of course different point of view from the discussed cases. This community will be open for point of view’s differences.
The next target not only just discussion, but also how the discuss can be applicated with the real attitude and of course run in the community agenda. Why must walk in the night? Not a day? Night is always offers a silency and contemplacy and the day in Bandung will offers crowded, that’s why the day cannot gives a contemplacy room and a relax mind to produce new ideas for development of young people movement in Indonesia.
Bandung Night Walker Community will always try to be a non – profit community and not affiliated to every politic party, that’s why it will keep run with the member who always keep in change in every month. So what are you waiting for? If you revolutioner enough and creative, put on your jacket and join Bandung Night Walker Community!

Dian Ardiansyah ( Ucok ) Student of STSI Bandung, Department Of Theatre
kocU_art@yahoo.com
papua_in_me@friendster.com

Tidak ada komentar: